Peran Game dalam Pendidikan


Sejatinya, sebuah game merupakan salah satu sarana yang bisa dijadikan sebagai jalan untuk melakukan transformasi ilmu kepada anak. Oleh sebab itu, ketika seseorang memainkan game, berarti ini bukan sebatas permainan yang dapat menghibur atau melakukan aktivitas keceriaan yang tanpa makna, melainkan lebih dari itu, yaitu game yang dapat dimainkan oleh siapapun akan mempunyai arti yang mendidik, walaupun tanpa disadari oleh seorang yang melakukannya.
Apabila sebuah game diartikan demikian, maka apa pun permainan yang Anda ingin lakukan bersama anak-anak anda, siswa-siswi anda, bahkan siapapun, akan melahirkan sebuah jalan untuk membuat mereka ssemakin berkembang dan maju dalam pendidikan yang sedang dilalui. Lebih dari itu, tidak salah jika dengan melakukan game inilah mereka berkembang menjadi cerdas dan pintar. 
Pada usia yang mungkin sangat belia, anak-anak yang berada di tingkat pendidikan TK dan PAUD ini pasti memiliki kecenderungan yang cukup tinggi dalam melakukan game. Bisa anda bayangkan, pada usia seperti ini, kebanyakan anak selalu disibukkan dengan bermain dalam kehidupan sehari-hari, baik ketika di rumah, sekolah, sewaktu jalan-jalan, makan, tidur, dan lain sebagainya.
Sebagaimana kata pepatah, “Sekali berlayar, satu atau dua pulau terlampaui” atau (dengan ungkapan lain), “Sekali bermain, satu atau dua ilmu akan diperoleh. Sebuah game diharapkan menjadi penyeimbang bagi anak-anak yang sedang berproses terhadap dirinya, jika ini diperhatikan anak-anak akan sukses dalam karier pendidikannya kelak dikemudian hari, insya allah. 

 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel