Semua Anak adalah Cerdas
Seringkali
orang tua dan guru memberi predikat “cerdas” dan pintar hanya kepada mereka
yang mempunyai prestasi akademik sangat baik. Berapa nilai sangat baik itu? Jika
nilainya berupa huruf, maka “A”. Dan jika nilainya berupa angka minimal “9”
(skala 10). Sementara anak didik yang nilai raportnya kurang dari itu akan
dinilai kurang cerdas atau bahkan tidak cerdas. Itu pun jika erjadi pada semua
mata pelajaran. Artinya, anak didik yang cerdas adalah anak didik yang
mendapatkan nilai A pada semua mata pelajaran yang diajarkan. Jika ia hanya
mendapatkan nilai “A” pada satu mata pelajaran saja, maka ia tidak termasuk
jajaran anak yang cerdas. Bahkan, sangat dimungkinkan seorang anak didik yang
mendapatkan nilai A pada beberapa mata pelajaran, tetapi menadap D pada mata
pelajaran yang lain, menjadi tidak lulus dari sekolah.
Dari
fenomena diatas, apa yang kurang tepat dengan konsep kecerdasan yang kita
pahami selama ini? sungguh tidak masuk akal jika peserta didik yang berprestasi
di bidang tertentu harus tidak lulus karena nilai mata pelajaran kurang
standar.
Ini masalah
serius tentang konsep dan pemahaman tentang kecerdasan. Akan tetapi jika kita
bertanya pada salah seorang pakar kecerdasan yang sangat terkemuka saat ini,
yakni Howard Gardner, kita akan menemukan konsep kecerdasan sebagai berikut :
- kecerdasan untuk mampu memecahkan suatu
masalah
- kemampuan untuk menciptakan masalah baru
untuk dipecahkan
- kemampuan untuk menciptakan sesuatu atau menawarkan
suatu pelayanan yang berharga dalam suatu kebudayaan masyarakat
Dari
konsep kecerdasan sebagaimana disebutkan diatas, Gardner melakukan penelitian
dan menemukan tujuh aspek kecerdasan yang kemudian ditambah dua aspek
kecerdasan lagi. Gardner menyebut konsep kecerdasannya dengan istilah Mutiple
Intelligence (MI). Sembilan kecerdasan tersebut adalah kecerdasan
linguistik, logika-matematika, intrapersonal, musikal, visual-spasial,
kinestetik, naturalis, dan eksistensial.
Dari
kesembilan kecerdasan tersebut, dapat disimpulkan bahwa yang disebut kecerdasan
itu tidak diukur dengan angka atau nilai raport, tetapi dengan kemampuan untuk
memecahkan masalah atau menawarkan solusi alternatif terhadap persoalan yang
dihadapi di tengah kehidupan. Dengan kata lain, anak didik yang cerdas adalah
anak didik yang serba mampu mengatasi persoalan hidupnya, termasuk mengatasi
berbagai persoalan sekolahnya.
Belum ada Komentar untuk " Semua Anak adalah Cerdas "
Posting Komentar